Free Flower Cursors at www.totallyfreecursors.com
SunSetya Story: Strategi Negosiasi

Assalamualaikum

Assalamualaikum
Jangan biarkan satu hari pun berlalu, tanpa memberi manfaat kepada sesama... Siaaaaaaap? :)

Rabu, 22 Februari 2012

Strategi Negosiasi

DALAM pekerjaan dan kehidupan Anda harus pintar bernegosiasi. Anda bisa mempelajari kunci strategi negosiasi dari Ivanka Trump, penulis The Trump Card: Playing to Win in Work and Life.



  1. Tahu apa yang diinginkan
Aturan nomor satu masuk ke negosiasi adalah memberikan pendapat atau pikiran. Jika mengambil pendekatan ini, Anda akan mengijinkan pihak lain mendefinisikan tujuan Anda bukan sebaliknya.

2. Menyadari kehadiran fisik

Kekuatan sering disalahartikan dalam bernegosiasi. Pembawaan Anda yang ramah dan fleksibel pastinya mengesankan bagi yang mendengarkan.

3. Lakukan negosiasi dengan orang yang tepat

Anda memberikan segala macam konsensi dan tiba-tiba menyadari lawan bicara tidak berwenang menyelesaikan transaksi Anda, lalu "bos" yang sebenarnya akan datang ke meja dan melanjutkan negosiasi.

4. Pahami kepribadian lawan bicara

Kumpulkan sebanyak mungkin tentang orang yang akan Anda hadapi. Pelajari apa yang benar-benar diinginkan dari kesepakatan itu. Temukan tujuan sejati. Cara terbaiknya dengarkan dengan seksama lawan bicara Anda.

5. Jujur dengan diri sendiri

Ketahuilah kepribadian Anda terkadang berbenturan dengan pihak lain. Lalu terlibat dalam kontraproduktif. Jika menemukan jalan buntu lakukan tabel kompetisi dari sifat diri sendiri terhadap kemungkinan untuk negosiasi.

6. Percaya tetapi selalu memeriksa

Selalu siap memberikan manfaat untuk seseorang. Tetapi perlu berhati-hati untuk mendukungnya selama proses berlangsung. Sejumlah sikap skeptisisme sehat bermanfaat dalam mencapai kesepakatan.

7. Jangan bernegosiasi melalui email

Mungkin tampak seperti penghematan waktu. Padahal bernegosiasi melalui email hanya menguntungkan pihak lemah karena dapat menghindari konfrontasi langsung.

8. Persepsi lebih penting dari realitas

Membiarkan orang lain berpikir apa yang diinginkan namun ini tidak berarti Anda harus curang. Anda cukup mengoreksi asumsi yang salah jika bermain untuk mendapatkan keuntungan.

9. Gunakan koneksi

Jangan takut untuk menggunakan koneksi dalam keuntungan bernegosiasi. Kadang-kadang "pemanis" terkecil dapat menghasilkan hasil terbesar.

10. Selalu siap

Persenjatai diri Anda dengan penelitian, latar belakang dan informasi apa pun selain yang dapat Anda temukan. Semakin banyak Anda tahu, posisi Anda akan semakin kuat.


Sumber : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar